KITAB FIQIH SYAFI'I KARYA TERBESAR ABAD 20 KARYA ULAMA INDONESIA

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Ikhwan Akhowat Fillah...
   Subhanallah..... ternyata memang sangat luar biasa dan tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata. satu lagi Karya Ulama Indonesia yang Mendunia, semoga Manfaat, amin .....
( Mudah-mudahan Linknya fungsi ).
“Mauhibah Dzî al-Fadhl (Hâsyiah al-Tarmasî)”; Karya Fikih Madzhab Syafi’i Terbesar Abad 20 M. Karya Ulama Indonesia (Tremas, Jawa Timur)
Hasyiah At-Tarmasi 1
Hasyiah At-Tarmasi 2
Hasyiah At-Tarmasi 3
Hasyiah At-Tarmasi 4
Hasyiah At-Tarmasi 5
Hasyiah At-Tarmasi 6
Hasyiah At-Tarmasi 7

    Ini adalah kitab “Mauhibah Dzî al-Fadhal Hâsyiah ‘alâ Syarh Ibn Hajar ‘alâ Muqaddimah Bâ-Fadhal” atau “al-Manhal al-‘Amîm bi Hâsyiah al-Manhaj al-Qawwîm” karangan seorang ulama besar dunia Islam yang hidup di abad ke-14 Hijri (akhir abad ke-19 M dan awal abad ke-20 M) dan bermukim di Makkah, yang berasal dari Nusantara (Tremas, Jawa Timur), yaitu Syaikh Muhammad Mahfûzh ibn ‘Abdullâh ibn ‘Abd al-Mannân al-Tarmasî tsumma al-Makkî (dikenal dengan Syaikh Mahfuzh Tremas, w. 1920 M).
    Kitab ini dikenal juga dengan nama “Hâsyiah al-Tarmasî”, yang tercatat sebagai karya terbesar dalam fikih madzbah Syafi’i di seluruh dunia Islam yang ditulis pada abad ke-14 Hijri. Karena itu tidaklah mengherankan jika karya ini dikaji dan dirujuk di pelbagai belahan dunia Islam yang penduduknya menganut fikih madzhab Syafi’i, mulai dari Haramain, Mesir, Suriah, Irak, Kurdistan, Dagestan (Russia), India, dan tentu saja Asia Tenggara (Jawi/ Nusantara).
    “Mauhibah Dzî al-Fadhl” merupakan hâsyiah (ulasan panjang atau komentar atas komentar) atas kitab “al-Manhaj al-Qawwîm” karangan al-Imâm al-Hâfizh Ibn Hajar al-Haitamî al-Makkî (w. 1566 M). “al-Manhaj al-Qawwîm” sendiri adalah syarh (penjelasan atau komentar) atas matn (teks) kitab “al-Muqaddimah al-Hadhramiyyah fî Fiqh al-Sâdah al-Syâfi’iyyah” atau yang dikenal dengan “Masâil al-Ta’lîm” (dan “al-Mukhtashar al-Kabîr”) karangan Syaikh ‘Abdullâh ibn ‘Abd al-Rahmân Bâ-Fadhal al-Hadhramî (w. 1512 M). 

Sumber 1 : Kitab Kuning
Sumber 2 : ahlalhdeeth.com
 

Comments

Popular posts from this blog

Download Kitab "Hayatul Hayawan Al-Kubro" As-Syeikh Kamaludin Ad-Damiry

Download Audio mp3 Kitab Tashowuf "Salalim Al-Fudhola" Syeikh Nawawi Tanara